Kamis, 13 April 2023

Bonding


Chapter 1

"Kalau tidak bisa ikuti aturan rumah, silakan cari rumah lain!" teriak ayah. 

Ananda lalu berhenti menangis. Sementara ayah berpindah ke ruang tamu. Mengatur nafasnya yang memburu.

Tiga menit yang lalu sebelum ayah memarahi anandanya. Bunda dan ananda terlibat perselisihan. Adu argumen. Ananda marah karena HPnya tidak dicharger. Lalu pada detik-detik berikutnya. Ananandanya memaki ibunya. 

"Bacot lu, dasar Anjing!" pungkas ananda. Sambil memonyongkan kedua bibirnya. 

Ayahnya mlipir menuju ruang tamu. Ia seperti membutuhkan ruang untuk bernegosiasi dengan batang otaknya. Atau setidaknya ia bisa bermonolog mencari seribu satu alasan agar ia mendahulukan nafsunya dari pada ada pikiran yang dingin lagi jernih.  

TV dimatikan, maksudnya dimatikan dalam pengertian orang indonesia. Seperti kata "tolong NYALAKAN air ya, atau MASAK air ya, dan seterusnya. Ini tentunya membutuhkan tempat tersendiri untuk menjelaskan hal tersebut. Setelah TV dimatikan, sang ayah mendengar bunyi kemas mengemas. Sesuatu dimasukan ke dalam tas, ananda mengambil handuk di luar, lalu kemudian berkemas lagi. 

Lima menit kemudian ananda keluar dari rumah sambil menggendong tas di punggungnya. Ia berjalan tanpa menghiraukan panggilan ayahnya yang kaget. Tak menyangka ananda sudah memiliki kemampuan untuk memutuskan sesuatu. Meski keputusan barusan mempunyai resiko-resiko. 

"Mau kemana?" tanya sekali lagi. 

Ananda terus saja berjalan. 

Lalu sang ayah mengkonfirmasi kepada bundanya. "Kan ayah yang suruh cari rumah yang lain." pungkas bundanya. 

Tak lama ayah memutuskan untuk menyusulnya. Ia menemukan ananda sedang berjalan diantara pohon-pohon tinggi. Dan ia memelankan motornya. 

"Ayah nggak sayang sama aku!" ucap ananda. 

"Sayang, ayo pulang. Berjalan sendiri berbahaya." 

"Biarin, katanya suruh cari rumah lain." 

Ayah turun dari motornya. Memeluknya erat. Lalu menaikkannya di atas motor. Sementara ananda menangis sepanjang jalan.

0 Comments:

Posting Komentar